Cara Membuat Visa Turki

7:28:00 PM 0 Comments A+ a-


Turki adalah negara yang ahhhh keindahannya benar-benar tidak kalah menarik dengan negara-negara yang ada di Eropa. Mulai dari bangunan-bangunan historis di Istanbul, the heart of modern Istanbul yang ada di Taksim Square, kota Efesus yang ada di Selcuk, balon udara dengan pemandangan luar biasa mengagumkan yang ada di Cappadocia hingga cotton castle yang ada di Pamukkale. Itu masih belum lengkap lo .. Masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang bisa kalian kunjungi disana. 

Selain keindahan tempat-tempat pariwisata yang dimiliki negara tersebut, untuk mendapatkan visanya pun sangatlah mudah. Untuk warga Indonesia, masuk ke Turki hanya membutuhkan e-Visa dengan waktu yang diberikan 30 hari.

Apa itu e-Visa? 

e-Visa adalah visa elektronik yang dikeluarkan oleh pemerintah Turki bagi orang-orang yang ingin mengunjungi negara tersebut. Tidak seperti visa-visa pada umumnya yang ditempelkan di paspor, untuk e-Visa ini hanya akan dikirim melalui email untuk kalian print nantinya (seperti gambar di atas) setelah kalian berhasil melengkapi aplikasi visa yang dibutuhkan dan melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau debit yang dikeluarkan Mastercard, Visa atau UnionPay.

Jadi bagaimana tahap-tahap pembuatannya?

Step 1
Masuk ke situs e-Visa Turki. Kemudian klik di menu "Apply Now" (bagian kiri atas).

Step 2
Pilih Indonesia di kolom "Country/Region", Ordinary Passport di kolom "Travel Document" dan untuk kolom "Security Verification" isi dengan angka dan huruf-huruf yang ada dibawahnya, kemudian klik di tombol "Save and Continue".

Step 3
Klik didalam kolom "Arrival Date in Turkey" dan pilih tanggal ketibaan kalian disana. Nanti kalian akan melihat informasi di halaman terebut seperti:
  1. Masa berlaku visa yaitu dalam kurun waktu 180 hari.
  2. Masa kunjungan kalian tidak boleh melebihi 30 hari dari taggal kalian masuk negara tersebut.
  3. Visa ini hanya berlaku untuk satu kali masuk aja. Jadi kalo kalian udah keluar dari negara ini, untuk masuk lagi kalian butuh visa yang baru.
  4. Biaya pemrosesan visa yaitu 25 USD atau sekitar Rp. 330.037 (1 USD=Rp. 13.200) dan hanya bisa dibayar dengan menggunakan kartu kredit/ debit keluaran Mastercard/ Visa/ UnionPay.

Step 4
Di halaman "Personal Information" ini, kalian akan diminta memasukan informasi mengenai diri kalian, pastikan mengisi alamat email yang aktif dan bisa diakses, oleh karena nanti visa akan dikiramkan ke alamat tersebut.

Step 5
Nanti kalian akan diminta untuk verifikasi atau mengecek kembali jika informasi-informasi yang kalian masukan sebelumnya sudah benar. Jika kalian sudah klik di tombol "Verify", maka informasi yang diberikan sudah tidak bisa diganti. Jadi pastikan kalian mengecek baik-baik yaa.

Disitu juga kalian akan baca ada informasi mengenai konfirmasi email. Jadi jika kalian tidak merespon email konfirmasi yang dikirimkan ke alamat email yang kalian daftarkan sebelumnya dalam waktu 1 jam, maka aplikasi kalian akan dibatalkan. Jadi ada baiknya jika kalian ingin mengisi formulir aplikasi ini, kalian emang udah siap hingga menyelesaikan proses pembayarannya.

Step 6
Halaman ini hanya berisi informasi mengenai aplikasi kalian yang sudah berhasil dilengkapi, kemudian email konfirmasi sudah dikirim ke email kalian dan diinstruksikan agar kalian klik pada link yang ada didalam email. 

Jika pas kalian cek email masih belum diterima, bisa klik di tombol "Resend e-mail". Pastikan selain memeriksa Inbox, kalian juga harus periksa folder Junk dan Spam jika kalian masih belum menerima email konfirmasinya.

Step 7
Di bawah ini merupakan contoh email konfirmasi yang akan dikirimkan ke email kalian. Setelah itu klik di tombol "Approve".

Step 8
Kalian akan diarahkan ke website sebelumnya, kemudian di halaman ini, silahkan masukan informasi kartu kredit/ debit kalian untuk proses pembayaran. Saya kemarin menggunakan kartu kredit Mastercard keluaran bank Filipina.

Step 9
Di halaman ini, kalian akan melihat informasi mengenai proses aplikasi visa kalian yang telah lengkap dan tadaaaaa .. Visa kalian sudah jadi, bisa didownload dengan klik di tombol "Download your e-Visa" dan jika ingin melihat informasi pembayaran bisa klik di tombol "Payment invoice".

Kalian juga bisa cek di email, visanya sudah dikirimkan ke email kalian. Jangan lupa di print ya visanya, soalnya nanti di cek di imigrasi bandara.

Mudahkannnnn cara bikin visanya .. Yang perlu diingatkan lagi disini bahwa durasi visa 180 hari di atas hanya untuk masa berlakunya ya. Jadi contohnya kalian rencana kesana 31 Januari, eh tau-tau ada hambatan jadi harus diganti ke 20 April. Nah itu artinya kalian masih bisa menggunakan visa ini karena visanya berlaku 180 hari dari tanggal ketibaan yang kalian isi di aplikasi visanya. 

Setelah tiba disana kalian hanya diberikan 30 hari untuk mengexplore negara yang terletak diantara dua benua ini. Jadi pastikan kalian ngga over stay yaa.

Sekian dulu informasi mengenai visa ini. Jika ada yang mau tanya-tanya bisa tinggalkan pesan di kolom komentar. Semoga ini bisa membantu proses visa kalian. Sayonara!