Biaya Liburan ke Hong Kong

1:23:00 AM 0 Comments A+ a-




Hong Kong saat ini merupakan negara destinasi favorit bagi orang-orang pemegang paspor hijau berlambang Garuda. Nah jika kalian saat ini sedang merencanakan untuk berlibur ke Hong Kong, silahkan disimak biaya yang saya keluarkan pada bulan Mei yang lalu. 

Sebagai informasi, Hong Kong bukanlah negara yang semurah Malaysia, Thailand atau Filipina. Jadi pastikan kalian yang ingin backpack kesana untuk merencanakan biaya pengeluaran sebijak mungkin.

Rencana Pengeluaran
Tipe Pengeluaran
Biaya Awal
(PHP)
Biaya
(IDR)
Biaya Akhir
(HKD)
Keterangan
Penginapan (Airbnb)
P 1250
Rp 355.000
-
2 hari 1 malam
Makanan
P 2500
Rp 710.000
HKD 415

Transportasi
P 1600
Rp 454.400
HKD 265
Transportasi umum
Atraksi/ Misc.
P 960
Rp 272.640
HKD 160

Total
Rp 1.792.040
HKD 840

*Biaya awal menggunakan mata uang yang saya gunakan sehari-hari yaitu Peso dan biaya akhir menggunakan mata uang lokal Hong Kong.

Dari budget di atas, biaya yang mestinya saya tarik ketika di Hong Kong adalah HKD 840. Namun setelah belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, akhirnya saya menarik uang kurang dari jumlah diatas agar dapat membatasi pengeluaran saya. Ga kurang-kurang banget juga sih.

Oh ya untuk tiket pesawat, saya menggunakan pesawat kesayangan para backpacker yaitu Cebu Pacific Airlines, yang saat itu saya beli bukan pada saat promo jadi harganya sekitar P 2,749 atau senilai Rp. 778,200. Saya tidak memasukan biaya tiket kedalam rencana pengeluaran Hong Kong, karena itu akan saya masukan kedalam budget plan 16 hari backpacking saya bersama dengan 3 negara lainnya. Untuk kalian yang akan berangkat dari Jakarta, mungkin bisa bandingkan harga tiket di Skyscanner.



Pengeluaran Sebenarnya

Ketika tiba di Hong Kong, saat masih di bandara saya langsung mencari ATM kesayangan saya yang dimana-mana pasti bisa ditemukan di negara ini. Yapp apalagi kalo bukan HSBC. Selain tidak ada biaya charge untuk penarikan, bank ini juga memiliki kurs yang bersahabat. Saat itu saya menarik uang sebesar HKD 800, kortingnya 40 doang dari budget di atas.

Tanggal
Tipe Pengeluaran
Biaya
(HKD)
Biaya
(IDR)
Keterangan
7 May 2016
Hari ke-1
Bus dari bandara ke Nathan Road
HKD 33
Rp 56.166

Jus Mangga
HKD 39
Rp 66.378

Makan siang
HKD 91
Rp 154.882
Dimsum. Sharing dengan teman yang ketemu di bandara
MTR ke Central Station
HKD 9
Rp 15.318

Bus ke The Peak
HKD 10
Rp 17.020

1 botol air mineral
HKD 28
Rp 47.656

Tiket masuk The Peak Sky Terrace
HKD 48
Rp 81.696

Tram ke Garden Road
HKD 28
Rp 47.656
Tiket 1 jalan aja
Bus ke Star Ferry
HKD 5
Rp 8.510

1 box (isi 4) Bolu
HKD 44
Rp 74.888
Bolu isi durian
Street food
HKD 22
Rp 37.444
Sate-satean
Makan malam
HKD 120
Rp 204.240
Durian cake + dessert
1 botol air mineral
HKD 18
Rp 30.636

Total hari ke-1
HKD 495
Rp 842.490

8 May 16
Hari ke-2
Makan siang
HKD 119
Rp 202.538
Pancake Durian
Bus ke airport
HKD 33
Rp 56.166

1 botol air mineral
HKD 22
Rp 37.444
Di tempat check in
1 botol air mineral
HKD 28
Rp 47.656
Di ruang boarding
Total hari ke-2
HKD 202
Rp 343.804

Total keseluruhan
HKD 697
Rp 1.186.294
Sisa uang: HKD 103

So, dari tabel rincian pengeluaran saya di atas, kalian sudah bisa mengira-ngira berapa biaya yang akan kalian keluarkan nanti. Bayangkan teman-teman .. biaya tersebut hanya untuk 2 hari 1 malam lo .. Untung pada saat itu HK cuacanya sangat panas dan karena saya adalah tipe orang yang tidak begitu menyukai tempat panas, jadi saya memutuskan untuk hanya menghabiskan 2 hari disana (syukurlah). Sebagai backpacker, biaya yang dikeluarkan tersebut sudah termasuk tinggi jika untuk dihabiskan dalam 2 hari. Tapi ya apa boleh buat .. Toh tujuan saya kesana emang hanya untuk makan kue-kue durennya aja. Jadi agak wajar jika sebagian besar pengeluaran saya di makanan.

Tempat tinggal di HK juga lumayan mahal dibandingkan negara-negara di Asia lainnya. Seperti biasa, saya tinggalnya selalu di hostel, dan biasanya saya menggunakan booking.com atau hostelworld.com untuk mencari penginapan. Namun saat itu saya tidak bisa mendapatkan hostel yang pas dengan saya. In the end, saya mencoba mencari di Airbnb dan beruntungnya saya menemukan tempat yang sangat cocok baik harga maupun lokasi. Tempatnya hampir mirip dengan hostel, namun bukan hostel. Bersih, strategis dan dekat dengan tempat-tempat makan. Host-nya seperti berasal dari timur tengah dan kamar yang saya dapatkan berisi 2 bunk bed yang memuat 4 orang.

Kalian bisa coba daftar disini untuk mendapatkan diskon hingga Rp. 300.000. Kalian juga bisa baca informasi lengkap mengenai Airbnb di postingan saya Apa itu Airbnb?.

Pastikan jika kalian ingin mencari penginapan di HK, kalian harus baca baik-baik informasi kamar atau setidaknya melihat gambar ukuran kamarnya (yang kadang bisa menipu). Rata-rata hotel dengan harga yang rendah menyediakan kamar yang sangat sempit dan berlokasi di gedung yang agak-agak menakutkan (pengalaman teman saya). Yaa seperti biasa, ada harga ada kualitas.

Sekian dulu tulisan saya mengenai biaya ke Hong Kong. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang merencanakan perjalanan kesana. Sayonara!