Dompet Hilang di Hong Kong

1:40:00 PM 0 Comments A+ a-



Dompettt gueee beserta isi-isinya ilanggggggg .....

Hati deg-degan bagai kesambar petir. Jantung berasa mo copot. Mo nangis kenceng .. tapi masalah ga bakal selesai kalo cuma mo nangis aja ..

Sambil tunggu rambut kering, jadi pengen nulis kisah saya kemarin di airport internasional Hong Kong. Yessss Hong Kong! Yang turisnya ada dimana-mana ..

Jadi kemarin itu saya jadwalnya harus berangkat ke Osaka dari Hong Kong. Di Hong Kong cuma singgah bentar buat beli hape sama makan makanan kesukaan saya Tim Ho Wan. Berangkat ke Airportnya ga buru-buru sih dan saat itu saya menggunakan Airport Express dari Hong Kong station ke Airport jadi ga pake banyak singgah-singgah dan penumpangnya-pun (Thank God!) terbatas. Kursinya juga enak, ga kayak kereta komuter biasanya .. dan paling enaknya itu hemat waktu, karna berhentinya hanya 4 station aja.

Singkat cerita, sambil bawa bungkusan kaki ayam favorit saya dari Tim Ho Wan di tangan kiri dan kamera di tangan kanan, tas saya tiba-tiba terasa makin berat. Karna tempat duduk samping saya awalnya kosong, jadilah saya sok-sokan benerin isi tas sambil keluarin semuanya dan masukin satu-satu dengan rapi.

Saya inget banget kalo semua udah diisi dengan rapi dan lengkap .. tapi sesampai di airport, setelah jalan sana-sini, makan ini itu, cuci mata di toko-toko duty free, eh pas mau bayar barang di dalam airport (SETELAH CHECK IN!!!), saya baru sadar kalo dompet udah ga ada di tas.

Dompetnya bukan saya yang beli sih, hadiah doang. Tapi udah karna itu hadiah, saya jadi pengen nangis dan ga rela kalo sampe itu ilang .. terus karena sore itu beneran dah mo berangkat ke Osaka, jadi semua uang Yen senilai 80,000 dan semua kartu ATM, kredit/ debit juga duduk sama-sama dalam dompet itu. Jadi kemarin itu basically saya ga punya duit dan hanya ada barang elektronik sama passport di tangan.

Beneran otak saya kemarin udah kayak mo jatuh di lantai. Mo nangis, ga guna. Mo teriak, ga ada guna juga. Bayangin trip saya yang masih ada 4 hari di Osaka dan 4 hari di Jeju harus terhenti disitu. Tapi sebagai wanita yang kuat (ceileh), saat itu saya udah pasti ga langsung nyerah dong hahaaa (ga mau rugi sih benernya) .. Jadi saya saat itu langsung  samperin mbak-mbak di information desk airport dengan muka pengasihan minta mereka bantuin cari dompet saya. Sayangnya hingga saat itu mereka bilangnya belum ada laporan kalo ada yang nemuin dompet yang mirip punya saya. Dan saya pun berekspetasi kalo dompetnya beneran dah ilang, ditemuin orang dan ga akan pernah kembali. Sad!

Ohya, kalo kalian misalkan (amit-amit) ngalamin hal yang sama, asal kalian udah di airport, kalian bisa pake telepon ini untuk telepon minta bantuan orang bandara. Tapi kalian bisa ke meja customer service-nya juga sih. Pilih mana hayooo


Lanjut ..

Sebagai referensi laporan kehilangan saya, mereka tanya ini itu seakan-akan ada harapan kecil yang bisa membuat dompet saya kembali. Pikiran beneran kacau, udah gitu dalam 2.5 jam, saya udah harus boarding ..  Jalan satu-satunya yang ada di otak saya saat it: berangkat ke Osaka buat ambil koper yang udah di ambil pas check -in, dan minta seseorang beliin tiket balik ke Manila. Sedih kan?

Ohya, terus saat itu saya juga ditolongin buat telepon orang Airpot Express (kereta) untuk laporan kehilangan. Seperti halnya proses bandara, Airport Express juga menanyakan beberapa pertanyaan detil mengenai dompet saya .. Terus kata mereka, karna belum ada yang lapor jadi mereka harus melakukan pengecekan dulu, alhasil saya disuruh telepon lagi 2 jam kemudian .. which is tinggal 30 menit sebelum boarding. Matilah!

Sambil nuggu, saya dah mulai hubungin orang-orang yang deket maupun temen-temen yang tinggal di Jepang, untuk meminta tolong .. Ahhh pokonya saat itu kacau banget lah.

Dann setelah 2 jam berlalu, otomatis saya balik lagi ke customer servicenya dan tanya apakah udah ada update soal case saya tadi. Saat itu beneran sedih pas denger kata mereka beneran ga ada laporan kalo ada dompet yang ditemukan. Hancur!

Kemudian, dengan perasaan kecewa, saya masih aja telepon kembali customer servicenya Airport Express dan bencinya saat itu udah pergantian shift, jadi udah orang baru yang saya ditanya-tanya lagi dari awal mengenai detail kehilangannya haish! Marah? Udah pasti. Udah urgent, ko masih di tanya-tanya. Tapi .. sebelum tutup telepon, orangnya dengan bahasa inggris pas-pasan dan suara ilang-ilang, setengah teriak kalo ... Dompet saya ketemu!!!!! Praise God!!! Emang bener kata orang, berdoa dan berusaha itu hasilnya ga bakalan boong .. Beneran ga ada yang mustahil di tangan Tuhan.

Saya saking senengnya sampe konfirm 3 kali, kalo beneran dompet saya ketemu. Soalnya saya ga mau kecewa karna berpikir dompet saya udah ada, padahal saya yang salah denger. Tapi orangnya sampe bilang, "Mam .. seriously, they found your wallet" .. I mean, we are in Hong Kong!! Dan dompet saya ketemuu??! Mujizat banget!! Saya beneran mo nangis saat itu karna kebaikan Tuhan yang ga pernah ada abisnya .. (Beneran pengen tobat)

Tapi sayangnya, setelah berita gembira dompet saya ketemu, masalah lain datang .. Dalam 30 menit saya udah harus boarding, dan dalam 1 jam pesawat berangkat. Gosh! Panass man panasss ..

Mbak-mbak Cathay-nya dah beneran ga bolehin karna katanya dah ga bakal sempat. Terus saya dikasih jalan keluar untuk ambil penerbangan subuh nanti dengan tambahan biaya sekitar 2.4 juta rupiah. Beneran saat itu otak saya keperas untuk bikin keputusan. Kalo ga mau ketinggalan pesawat, yaaa saya harus balik Hong Kong lagi untuk ambil dompetnya. Tapi dengan syarat, saya ga punya duit dan lain-lain saat traveling nanti. 

Akhirnya saya mutusin untuk pergi klaim dompetnya, tapi tanpa membatalkan tiket. Mbak-mbaknya bilang ga mungkin sempet, saya dengan iman minta mbak-mbaknya pake jalan tikus anterin saya ke imigrasi (by right udah ga bisa). Saat itu saya main serobot sana sini, di imigrasi saya hampir ga dilewatin karna pesawat dah mau berangkat, dan saya dah pasti ga bakal sempet (di mata manusia yaaa, ceileh). Saya pun mohon-mohon ke masnya dan akhirnya bisa. Keluar dari Custom, saya lari-lari ke kounter Airport Express untuk klaim dompet saya. Ternyata dompetnya ada di kantor utamanya di airport, jadi mereka yang kounter minta abang-abangnya untuk bawa kesitu karna mungkin saya dah terlihat mandi keringat, jadi mereka kasian suruh saya lari-lari lagi. Nanti kurus. Oh disitu pun orang-orangnya main lari dan panik, mbak-mbaknya sampe gregetan soalnya pesawat saya dah mo berangkat sebentar lagi.

Aturan boarding, pintu akan ditutup 10 menit sebelum keberangkatan. Dannnn saat itu tinggal 20 menit dan saya masih di LUAR tempat check in.

Waktu terasa lewat begitu cepat, lagi-lagi rasa mo nangis datang menghampiri. Saya bisa liat kalo mbak-mbak yang di konter tiket itu juga ga rela liat saya telat pesawat, jadi dia main pake acaa lari untuk ambilin dompet saya, karna orang yang bawain dompet saya jalannya lambat bangetttt .. Saya saat itu dah ga ada tenaga lagi mo lari, karna pas dompetnya udah ditangan, saya harus lari-lari lagi ..

Dan Praise God lagi! Dompet saya balik ke tangan saya lagi. OMG! Bisa bayangin ga sih segimana senengnya saya yang bukan apa-apa ini ..

Tapi .. wait, kegelisahan selanjutnya dateng. Saya yang duduknya di row 40an, salah liat Gate. Saya pikir gate saya di nomor 40an yang ga deket itu. Saking gugupnya. Sampe salah liat. Untung dibenerin mbak-mbaknya, kalo gatenya 20an aja, dan setelah check in, ternyata deket aja lokasinya. Saya main lari kayak dikejar setan, nerobos sana sini, dari antrian masuk ke imigrasi hingga ke antrian imigrasi ... Thank God! 1 menit sebelum gate di tutup, saya dah di sana. Sebelumnya, saya masih pake acara mampir lagi ke konter Cathay buat 'say hi' ke mbak-mbaknya seakan-akan pengen bilang "Hey mbak, lu liat ni gw! Gendut-gendut gini gw masih bisa lari lo ..." hahaaa

Mereka tadinya dah hapus nama saya, jadi dah ga bisa boarding. Tapi karna saya dah dateng tetep dikasih boarding dan mereka pun yang "Thank God, you can make it!" hahaa.

Duh pokonya inti dari perjalanan ini "Berhati-hatilah" .. jangan ceroboh kayak saya. Selalu cek barang-barang yang ada. Apalagi kalo kalian traveling sendiri. Dan tentu saja harus terus ngandelin Tuhan atau Allah kalian setiap kalian mengadakan perjalanan.

Udah deh, segitu dulu drama ala saya kali ini. Terimakasih dah mampir dan baca. Semoga hal yang sama ga terjadi ke kalian. Sayonara!

Makasih Hong Kong dah balikin dompet saya ...